Main-main dengan nuklir B-)


logo batan2

Bismillah,

Hai hai temans semua, apa kabar pagi ini?

hmm jadi ingat kemarin hari Sabtu tanggal 1 Desember, saya dateng ke acara Festival Anak Soleh yang diadain sama adik-adik mahasiswa beastudi Etos Jakarta di FTUI. kebetulan disitu ada lomba Da’ i Cilik. Saya iseng aja dateng kesitu karena mau menemani adik-adik TPA An-Nuur (TPA binaan Musholla Izzatul Islam) yang juga ikut berpartisipasi dalamFestival tersebut. Tapi mereka gak ikut cabang Da’i Cilik-nya, mereka ikutnya cerdas cermat (3 orang) dan lomba mewarnai (1 orang). Sambil menemani mereka saya iseng2 lihat cabang2 lomba lain, salah satunya lomba da’i cilik. Pesertanya rata-rata usia 6-9 tahun. Sumpah lucu-lucu banget deh mereka ^^

Mereka membawakan ceramah dengan tema “aku pahlawan bumi” dengan sangat sangat sangat atraktif! keren! ada yg pake pantun, pake lagu, ngaji ala Qori’, macem-macem.. dan salah satu dari mereka ada yang membuka ceramahnya dengan bertanya kabar hadirin, dan hadirin harus menjawabnya dengan jawaban: “Alhamdullillah, luar biasa, tetap semangat, mantap, maknyusss, Allahu akbar!”.. tuh, atraktif banget kan? hadeeuh, mantapks be-ge-te dah hahhaaha. Temen2 jangan mau kalah ya sama mereka!😀

Wuahh, hari yang cerah di minggu pagi ini.. Hari ini saya sedang mempersiapkan diri untuk besok: belajar, belajar, dan belajar.. @_@

Tapi saya senang! ^^

kenapa?

karena besok Senin sampe hari Jum’at saya bakal “main-main” dengan NUKLIR setiap hari full *keren gak tuh? hehe* Nah, sebelum main, saya harus mempelajari dulu “aturan mainnya”, biar tahu gimana cara mainnya, dan tahu apa yang harus dilakukan ketika mengalami kesulitan dalam permainan  :-)dimana mainnya? tentu saja di BATAN.

*bingung ya sama info gak penting diatas?*

*yeah, memang gak penting sih, silakan tutup saja halaman ini*

tapi bagi teman2 pembaca setia blog saya *gayabet*, ini mungkin menarik, just for your information aja sih.. heheh

Jadi sebetulnya, Senin-Jumat besok saya akan praktikum mata kuliah pilihan Kimia Radiasi di BATAN.. dan sebetulnya itu adalah hari-hari terberat sepanjang kuliah saya di semester 7 ini ~.~”

Pertama, saya harus siap mental, tiap hari bakal terpapar radiasi (radiasi ionik loh ini! bukan radiasi gelombang elektromagnetik yang dari hp, laptop, atau benda2 listrik lainnya). Karena, selama 5 hari itu saya bakal sering berinteraksi dengan bahan2 kimia yang bersifat radioaktif (radiokimia)😥, tapi sebetulnya gapapa juga sih, karena buat mahasiswa magang, sudah dibuat sedemikian rupa agar kerjanya safety,  dosisi paparan radiasinya sudah diatur agar jauh dibawah ambang batas. Disamping itu kita juga akan dibekali dengan alat ukur proteksi radiasi, jadi selama berada di BATAN, kita harus pake alat itu (bentuknya seperti pulpen yang bisa ditempel di saku Jas lab kita) kemana-mana, dan nanti setiap selesai bekerja (setiap mau pulang-red), alat itu dikembalikan dan akan terlihat berapa dosis paparan radioaktif yang kita terima di hari itu. Itu dicatat. Setiap orang punya catatannya masing-masing. Dan meskipun kita bekerja dengan alat-alat pelindung diri yang safety bgt, setiap mau pulang kita harus “melakukan ritual keselamatan diri” terlebih dahulu. Jadi, insyaAllah gak akan kenapa-napa. Tapi biar begitu, saya tetap harus waspada, makanya saya harus pelajari dulu perihal keamanan terhadap bahaya radiasi dan upaya2 preventif nya🙂

Kedua, ini first time saya praktikum di BATAN *yaeyalah*, waaaah… berasa magang… harus bekerja secara profesional, gak kayak praktikum di lab  kimia yang bisa asal-asalan: asal selesai (gatau siapa yang ngerjain),  asal ada laporan, asal bisa kerjain pretest, asal dapet data.. *hehe*. Karena ini magang, ibarat penelitian kecil, saya harus ekstra hati-hati, teliti, tekun dan sungguh-sungguh *tsaaahhhh* yak! akhirnya saya bisa serius juga menjalankan kuliah semester 7 ini, setelah sekian bulan nge-gabut (karna mata kuliah yang saya ambil di sem 7 ini mata kuliah pilihan semua yang notabene materi kuliahnya gak ribet dan dosen-dosennya juga nyantai) hahahah

Ketiga, bikin laporaaaaaaan…. akhirnyaaa… inilah yang super duper ekstra mega bikin mood saya turun.. setelah sekian lama gak melakukan pekerjaan ini

*semoga masih ingat caranya bikin laporan*

*boong banget kalau gatau caranya, orang tiap hari juga meriksain laporan, kan kamu aslab bit haha*

Tapi ini beda. pasti beda laporannya. ya ibarat laporan magang di Asahimas kemarin, banyak aturannya, dan gak boleh asal-asalan, karena yang meriksa laporan bukan aslab, bukan senior, tapi mereka-mereka itu, tim pusdiklat BATAN itu, dan ini ngaruh banget ke nilai akhir mata kuliah (kalo laporan praktikum di dep kim ngaruhnya dikit doang ke nilai akhir). Jadi, GANBATTE NE ! HOSH ! (‘o’)J

Mohon do’anya ya teman-teman sekaliaaaan… semoga saya bisa menjalankan ini dengan baik. dan bisa dapet ‘A’ untuk mata kuliah ini di SIAK😀

2 pemikiran pada “Main-main dengan nuklir B-)

Tinggalkan Balasan

