Belajar bareng?


Tiap belajar bareng Faradilla Avionita beginilah jadinya… bukan belajar biokim organik lalala yang berhubungan sama skripsi saya, malah jadi belajar redoks, elektrokim, logam yang berhubungan sama skripsinya dia. Ngerti kan maksudnya? Yeah, saya dipaksa mengerti materi yang saya gak doyan itu, karena Dilla cuman mau belajar sama saya. titik.

Repotnya belajar sama bocah ini tuh, dia kalo belajar mesti diskusi.. dan lebih repot lagi dia bilang, “gue cuman bisa belajar sama lo bit. Muka lo tuh berasa muka penuh jawaban atas semua pertanyaan dosen penguji yg gue gak bisa jawab! beda! beda sama kalo gue belajar bareng Yudhis.”

Rayuan gombal abis!

terus lanjut Dilla, “kenapa beda? karna si Yudhis emang jarang sholat. sedangkan elu rajin sholat bit, lebih banyak ilhamnya. hahahaa”

emang dah tu anak kalo ngegombal ga tanggung tanggung. Begitu pula kalo lagi songong, tambah ga tanggung lagi. Misalnya aja abis muji-muji kayak gitu pasti ujungnya songong parah, contohnya:

“alah lo jangan merendah gitulah. pura2 gak jago. lu tuh temen paling pinter yang pernah gue temuin, seriusss. Udah jago kimia, jago gambar, jago edit foto, melek teknologi.. Penolong gue banget! Tapi yaaa emang sih, sepinter-pinternya elu itu, tetep GAK BISA NGALAHIN kepinteran gue. Terbukti kan di kelas organik II, nilai gue a little bigger than elu. hahahhaha”

Nah repot gak tuh punya temen kayak begitu?

Untungnya kuping saya udah kebal denger celotehan gak meaning si Dilla.

Hahahah

Terus demi gak mau kalah songong (niatnya sih cuma becanda kok) saya jawab dengan santai, “iyeeedaaah neng lo emang jauh lebih pinter dari gue. Pinter manfaatin kepinteran orang. Dan gue bodoh, mau aja dimanfaatin sama elu. HA HA HA”

Abis itu pasti mukanya langsung bete dan bilang,

“tuuu kaaan bitaaaa kalo ngomong gituuu, diam-diam menghanyutkan. pelan, santai, tapi DALEM. ”

hahahaha

Tapi asik aja sih punya temen kayak begitu. Semua celotehan songong gak ada yang bener2 diucap dengan serius, seru-seruan aja. Kalo gak gitu gak ada bumbunya gituloh, hambar rasanya pertemanan.

Balik lagi ke belajar.

Insya Allah gak ada ruginya membantu teman memahami materi skripsinya dia. Justru malah nambah memperkaya pengetahuan kita. Yaaa meskipun mungkin kita eneg banget sama materi-materi itu. Anorganik, Fisik, dooooh males banget. Beneran gak doyan. Abstrak banget buat saya. Misal, dari mana kita tau itu si Pt4+ (platinum biloks 4+) bisa ter-capping sama asam sitrat? kenyataannya secara teoritis dia ter-capping karena adsorpsi fisik, yang mungkin berarti interaksinya interaksi fisik, bisa van der waals. Tapi kalo van der waals, kenapa bisa sekuat itu ter-capping? bukankah van der waals itu lemah? atau interaksinya hidrogen? tapi gimana caranya? emang bisa H punya si sitrat berinteraksi sama Pt4+? sedangkan definisi hydrogen bonding itu kan, “interaksi intermolekuler antara atom H yg terikat pd atom elektronegatif dengan atom elektronegatif dari molekul lain” Nah, emang si Pt4+ itu elektronegatif? hmmm, berarti interaksinya elektrostatik! eh.. yakin? elektrostatik juga kekuatannya sebelas duabelas sama van der waals bukan?

Abstrak.

Pada akhirnya malah saya yang menimbulkan pertanyaan-pertanyaan yang tadinya gak terpikir sama yang punya problem, yang saya juga pusing cari jawabannya… haduuuh.

Belum lagi nyetarain reaksi redoks si Pt4+ yang direduksi sama NaBH4. Oke si Pt4+ tereduksi jadi Pt0, terus yang teroksidasi siapa? NaBH4? gimana persamaan reaksi redoksnya?

30 menit abis cuma buat dapetin persamaan reaksi abstrak itu.

Beda banget sama Biokim.

Biokim itu… pasti dan eksak. menyenangkan🙂

Sayangnya giliran saya bilang ke Dilla, “Udah kan beres masalah lo? sekarang gantian, ajarin gueee.”

eeeh dia jawabnya, “Yaelah elu kayak gatau gue banget bit. gue tu bisa organik pas saat itu doang, kan itu juga hasil belajar sama elu. sekarang mah udah nguaaap semua. volatil. ngerti? Jadi bisa dipastikan gue gak akan bisa jawab pertanyaan organik lo, apalagi biokim. mau muntah gue sama biokim. hapalan semua. gue mah bisanya ngitung. Selesai.”

T.T

Sia-sia banget belajar bareng.

Astaghfirullooooh gak boleh gak boleh, gak boleh ngomong begitu iiih..

Padahal salah banget kalo biokim itu dihapal.. cuma perlu memahami dengan seksama aja sih sebenernya. *asssek

🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s