Pasca campus time!


Graduation-Cap-psd63992

Ini adalah lanjutan dari cuap-cuap berjudul wisuda

Lagi bahas apa sih kita?? … oya, lagi bahas wisuda ya? *gubrakk*

eh? nggaaa deng, bahas kerja.

Oke. kerja. biar gak jadi pengangguran. hehe..

Yang lebih tepat sebetulnya bahas pasca campus. Nah, itu dia! Jadi sebetulnya, saya mau bahas sedikit tentang rencana-rencana pasca wisuda (baca: rencana pasca campus).

Entah. Kok kayaknya pusing amat sih sama pasca campus? Padahal kan tinggal jalanin aja, mengalir aja, ikutin arusnya, ikutin kemana arahnya… Nanti kalo arusnya lemah, yaa siap-siap aja berjalan lambat. Trus kalo arusnya lagi deras, bersiap melaju kencang.

Yakin mau kayak gitu?

Gak bisa gitu dong men. Hidup harus punya arah yang jelas! Pake kompas kalo perlu biar gak nyasar. Arahnya itu menuju tujuan akhir yang ingin kita capai. Tujuan dunia dan akhirat. Dan arah tujuan itu juga harus diperhitungkan cepat lambatnya, lemah deras arusnya. *asseek. ini tumben lagi bener*😛

Emang ya, usia-usia kepala dua ini lagi masa masanya sok sok dewasa, padahal… labil! hahaha. Yaa namanya juga belajar. Belajar lebih dewasa, belajar lebih bijaksana. *tuh kan! tumbeeen sadar diri!* hahahaha

Balik ke pasca campus. Jadi sebetulnya saya lagi bingung sendiri sama rencana-rencana yang udah dibuat. Ternyata gabisa yaa, pake prinsip mana peluang yang duluan datang? Gabisa gitu, kata Abi. Fokus aja ke satu, mau yang mana dulu? …. kerja? sekolah? atau nikah? Karna tiga hal itu bukan main-main (abi said).

*ternyata ngobrolin beginian sama abi lebih asik daripada sama umi, lebih demokratis* hehhehe

Pilihan terakhir udah pasti nomor sekian lah yaaa *abi setuju! yesss*. Sekarang tinggal 2 pilihan. Kerja dulu apa sekolah lagi dulu?

Kalo saya, entah kenapa lebih napsu cari info pendaftaran Postgraduate course untuk kelas Bioorganik atau Biosensor di Edinburgh, Manchester, Imperial College London, dkk.. dan ngepoin beasiswa LPDP dan belajar IELTS, daripada ngepoin lowongan kerja di Pertamina, Astra, Candra Asri, Asahimas, KS, dkk…

Tapi.. ternyata sedikit masukan dari abi membuat saya berubah arah.

Betul kata abi. Saya masih muda. Masih single. Mau ngapa-ngapain aja juga bisa. Nah, mumpung masih bisa, puas-puasin diri aja dulu, berkarir dulu. Ibaratnya, menikmati dulu hasil kuliah selama 4 tahun. Mungkin tujuan akhirnya bukan di profesi, tapi di akademis. Tapi, pengalaman di dunia profesi manapun, pasti nantinya akan bermanfaat untuk lanjut ke akademis, akan sangat membantu untuk tujuan sebenarnya nanti. Mau sekolah lagi, dengan modal pengalaman profesi, tentu akan lebih matang nantinya. Nah mungkin yang harus dipikirkan, mau berapa lama berkarir? 1 tahun? atau 2 tahun? Kalo sekarang usia 21, Abi rasa berkarir selama 2 tahun gak masalah. Terus bikin “target pencapaian kecil”. Artinya, setelah 2 tahun kerja, apa goal akhir dari 2 tahun itu yang ingin didapat? Mau punya tabungan sekian puluh juta? mau beli tanah trus diwakafkan buat bangunan pesantren? mau jadi investor usaha apa gitu? Jadi jelas arah dan arusnya.

*kayaknya itu masukan banyak deh yaa, gak sedikit* hahaha

Tapi lanjut abi,

Tapi kalo mau S2 diluar, sampe kapan pun abi gak kasih ijin, kalo belum ada mahram. Kalo abis kerja mau lanjut S2 keluar ya cari mahram dulu. Kecuali kalo mau S2 di UI lagi. Silakan aja.

Okedeh. Sekarang udah CLEAR.

Jadi abis ini, fix karir dulu. Soal karirnya dimana? Kayaknya, insya Allah, inginnya sih di daerah Banten aja deh, Candra Asri atau Asahimas, tempat magang dulu. Insya Allah, kalo dapet… Gak mau lagi tinggal di Jakarta, Depok, dan sekitarnya. Gak tahan macetnya juga polusinya. Kalo di Banten kan Serang-Anyer pasti lewat tol, dan tol di Banten pasti lancar, gak kayak tol-tol di Jakarta. Udara di Banten juga masih segar, gak banyak polusi, kecuali di daerah industrinya.

Sekarang tinggal berikhtiar. Bismillah.🙂

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s