Lembaran baru #2


“gue pengen belajar ngaji bit, serius… gue pengen. Ajarin gue pliss.”

Saya kaget waktu Dilla bilang begitu di suatu pagi, di saat saya selesai salam Sholat Subuh dan Dilla baru saja bangun, masih baringan, dengan mata yang masih setengah melek. Saya tatap mukanya yang setengah sadar, agak curiga jangan-jangan dia lagi ngigau. lol.

“lo ngigo? buruan wudhu gih.”

Terus Dilla duduk dengan tegak, matanya melek, dan bilang,

“gue ngga se-kebo lu kali bit. gue udah bangun.”

“Bit, ajarin gue ngaji pokoknya.”

Saya senyum. Alhamdulillah.🙂

“mmm ajarin ga yaaaa?” Ceritanya godain doi. “lu pikir gue ustazah guru ngaji? gue aja tiap minggu masih belajar ngaji. Mending lu gue cariin guru ngaji mau ga?”

“Kaga mau, gue maunya sama elu. gue malu kalo liqo liqo gitu entar gue paling bego sendiri..”

“uda ah ajarin pokoknya. punya ilmu bagi bagi kalii biiit.”

Saya senyum lagi dan lagi🙂

Seminggu sebelumnya, saya dibuat senang juga gara-gara Dilla akhirnya memutuskan buat udahan sama cowoknya yang selama 4 tahun kuliah nempel terus. Waktu mau udahan, beberapa kali dia galau dan beberapa kali juga minta pendapat buat meyakinkan dirinya. Saya tau banget kelakuan cowoknya kayak gimana. Bukan kriteria imam yang baik, sementara doi udah ngajak serius. Masalahnya adalah, doi susah banget disuruh sholat dan emang gak mau sholat, alasannya, “sholat itu dari hati. Kalo hati gue gak pengen, terus gue sholat, emang bakal diterima? percuma.” Astaghfirulloooh.. cuma bisa geleng2 denger alesan macem begitu. Biasanya orang kyk gitu kalo disuruh sholat sama ceweknya, nurut. Ini nggak. Masih pacaran aja gak mau dengerin, gimana kalo udah nikah? Saya gak mungkin biarin teman saya hidup sama orang macem begitu.

Sebagai teman yg baik *cielah* saya berusaha keras gimana caranya mempengaruhi Dilla buat putus putus dan putusss.

“jadi imam sholat aja gabisa, gimana mau jadi imam keluarga?”

“Gue sih yang penting dia sholat aja Dil. Lo bisa ajarin dia sholat??”

“Ya ampun bit.. tiap kali jalan dan itu masuk waktu sholat, dia bilang gini, “mau sholat ya neng? aku jagain sepatu kamu ya..” menurut lo?? haduuuh tepok jidat gueee”

“gue udah bilang, kalo mau sama gue saratnya satu, solat. belajar baca Quran entar aja deh, sholat dulu aja udah yang penting. Tapi tiap gue bilang gitu, dia ngalihin topik lah, ngambek lah, gak mau banget bahas itu..”

“gue malu sama emak. Masa nyokap pernah ng-test, “Yudhis, coba dong tante pengen denger Yudhis baca “Qulhuwallahu ahad..” terus dia bilang apa lo tebak?”

“hmm yg mana ya tante? pernah denger sih…”

“ojaaaaan.. qulhuwallahu ahad pernaah denger?? sumpah gue malu parah.”

Agak bikin ngakak sih. Hahahaha.

“Kalo dibilang sayang mah gue sayang banget bit… dia tuh.. haduh banyak banget lah momen2 sweet yang bikin gue susah ngelepas… gue kasian ninggalin doi. tapiii kalo gue sama dia… nanti anak gue siapa yang ngazanin?”

lol.

“nah bener… pikirin kedepannya Dil.. udalah itumah. fixed, udahan.”

“Jangan liat gimana hubungan dia sama lo doang, tapi liat gimana hubungan dia sama Allah? Kalo dia sayang sama Allah, pasti dia sayang sama lo. Tapi, kalo sama Allah dia gak sayang, gue rasa dia gak sayang sama lo. Buktinya, lo suruh solat aja dia gak mau. Kalo emang sayang, harusnya dia mau dengerin omongan lo, dia mau penuhi sarat lo, dia mau melakukan apapun demi kebaikan kalian, bukan malah ngambek.”

entah dapet ilham darimana saya ngomong begitu.

“Sayang karna Allah ya bit? Ihhiirrr.. cieeehh bitaa curcol banget lah fixed.”

Haaaaggs. “bah siaaal gue dijebak awaaas yaaaa!”

Lalu besoknya dia bikin pengumuman di kuping saya kalo dia udah putus.🙂

Senaaaaang sekaliiii.

Rasanya bahagia ketika teman yang biasa biasa aja, tiba-tiba “minta” buat didakwahi dengan kesadarannya sendiri. Semoga kita bisa menjadi bagian dari lembaran hidup teman kita, lembaran yang isinya kebaikan.🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s